Tips mudah memperbaiki regulator gas yang bocor

Wiskel – Problem bocornya gas LPG dari regulator saat penggantian tabung gas pasti hampir semua pernah mengalami. Kebocoran biasanya akan terdengar mendesis dan berbau. Jika hal ini sampai terjadi tentu bisa berakibat fatal dan berpotensi terjadinya kebakaran akibat gas yang bocor dan bercampur dengan udara.
Gas yang melayang bebas dan bercampur dengan udara jika mengenai api akan memicu terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, setelah penggantian tabung gas LPG alangkah baiknya jika memastikan hubungan regulator dengan tabung tidak bocor. Cium bau gas, jika tidak berbau apapun maka kompor bisa dicoba untuk dinyalakan.

Tetapi bagaimanakah jika terjadi kebocoran gas dari sambungan tabung dengan regulator?
Caranya cukup mudah. Jika terjadi kebocoran, sahabat wiskel bisa melepas karet sil dari tabung lama kemudian dipasang menggantikan karet sil pada tabung baru yang bocor. Tips ini bisa dicoba, biasanya cukup sukses.

Sedangkan jika masih terjadi kebocoran, meski karet sil sudah ditukar. Maka sahabat wiskel bisa mencoba cara di bawah ini.

  1. Ambil karet sil cadangan, kemudian potong tipis karet hingga menyerupai cincin. Ketebalan potongan kira-kira 1mm saja.
  2. Letakkan potongan karet sil di atas karet sil utuh yang sudah terpasang terlebih dahulu.
  3. Pasangkan regulator gas dan pastikan gas sudah tidak bocor dan mendesis lagi.

Jika sudah tidak terjadi kebocoran, tetapi kompor dipatik belum bisa menyala. Maka pukul-pukul perlahan bagian regulator. Kemudian coba patik dan nyalakan kembali kompor. Selamat mencoba (ar/wk/clp) Illustrasi foto : andromeda.id

Tinggalkan Balasan

*