500 rumah bersubsidi segera dibangun di Jogja

Wiskel, Jogja – Dewan Pimpinan Daerah Real Estat Indonesia DIY atau yang disingkat DPD REI direncanakan akan mengembangkan 500 unit rumah murah bersubsidi di Jogjakarta. Rumah bersubsidi ini ditargetkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah. Calon-calon pembeli harus memenuhi sejumlah persyaratan dan ketentuan.

Dikutip dari Jogja dot co, setidaknya akan ada enam pengembang yang ikut ambil bagian dalam program rumah murah bersubsidi di Jogja ini. Namun menurut Ketua DPD REI DIY, baru dua pengembang yang sudah mengantongi ijin dalam program rumah MBR ini. Adapun rencana wilayah pengembangan program rumah MBR ini adalah di wilayah Bantul.

Untuk besaran subsidi pada program rumah murah ini tetap mengikuti aturan pemerintah. Yaitu subsidi pada uang muka sebesar 70% dengan bunga 5% pada cicilan selama 15-20 tahun. Bukan hanya pada uang muka, subsidi berupa bantuan juga akan diberikan pemerintah untuk pembuatan fasilitas dan prasarana umum di komplek perumahan. Masing-masing unit akan mendapat subsidi sebesar Rp6juta per unit.

Sedangkan syarat yang harus diikuti calon pembeli rumah murah bersubsidi ini salah satunya, adalah rumah merupakan rumah pertama dan belum memiliki rumah sebelumnya. Selain syarat tersebut, syarat lainnya adalah maksimal gaji atau pendapatan sebesar Rp4 jutaan per bulan.

Unit-unit rumah bersubsidi tersebut akan berharga maksimal Rp123 juta per unit. Demikian, dikutip dari jogja.co

Foto illustrasi : jogja.co
(ar/wk)

Tinggalkan Balasan

*