Lezat tanpa MSG, bisakah?

Wiskel – Monosodium Glutamat atau biasa disebut MSG, tentu teramat familiar di telinga kita. Bahan penyedap rasa ini hampir pasti selalu rasakan di dalam masakan yang kita santap sehari-hari.


Tapi dibalik kelezatannya, konon MSG memiliki dampak negatif bagi tubuh yang mengkonsumsinya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Jika dikonsumsi berlebih, MSG bisa menjadi pemicu obesitas, Alzheimer dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Maka alangkah baiknya jika penggunaan MSG dalam masakan sehari-hari mulai dikurangi untuk kemudian dihilangkan sama sekali. Tapi bagaimana cara membuat masakan tetap lezat, meski tanpa MSG?

Menurut Chef Stefu Santoso, yang merupakan perwakilan dari Association of Culinary Professionals Indonesia. Dikutip dari dream.co.id, mengatakan bahwa “kunci kelezatan dari sebuah olahan makanan adalah pada kaldu yang digunakan”. Bisa kaldu ayam, sapi, ikan.

Untuk yang vegetarian bagaimana?

Bagi sahabat wiskel yang vegetarian, memanfaatkan kaldu dari jamur, sari sayur juga bisa. Sedangkan untuk menambah rasa manis yang natural. Sahabat wiskel bisa menambahkan jagung, karena jagung memiliki rasa manis yang natural. Dikutip dari dream.co.id
(ar/wk/cp)

Tinggalkan Balasan

*