Malioboro Jogja akan dilengkapi toilet umum berkelas hotel berbintang

Wiskel – Upaya Pemerintah DIY dalam mengejar predikat kota tujuan wisata rupanya tidak main-main dan sungguh-sungguh. Maksimal awal 2018 toilet tersebut sudah bisa dinikmati wisatawan. Berlokasi di di depan gedung Bank Indonesia, saat ini toilet tersebut pengerjaannya sudah mencapai 95 persen.

Toilet umum ini menempati lahan seluas 320 meter persegi, dengan luas bangunannya 291 meter persegi dan panjang mencapai 42 meter.

 

Terdapat 20 unit paturasan di area toilet ini. Dengan 12 toilet perempuan, dua unit toilet difabel, dan enam toilet laki-laki. Selain ramah untuk kaum difabel, Sultan Jogjakarta yang meninjau pada 27 November 2018 mengatakan bahwa “toilet juga harus ramah anak-anak, sebagai pengguna”.

 

Pemerintah DIY sendiri menggelontorkan dana sebesar Rp 5,7 miliar untuk proyek toilet yang dibuat  bawah tanah ini. Mengusung konsep model bawah tanah, kualitas toilet itu sama dengan di hotel-hotel berbintang. Dengan fasilitas pendingin ruangan yang sudah terpasang di setiap sudut, pencahayaan temaram, lantai dan dinding berlapis porselen, serta wastafel dan urinoir mewah. Dibuat mewah diharapkan bahwa toilet umum tidak selalu kumuh dan kotor, namun bisa juga bersih ala hotel berbintang.

Sumber : Tempo-Travel, baca selengkapnya>>>

Tinggalkan Balasan

*